Cinta Rosululloh

Cinta Rosululloh
My Idol

Selasa, 11 Januari 2011

Kesalahan Ketika Thawaf

  1. Mengharus diri untuk mandi sebelum berthawaf.
  2. Melafazkan niat thawaf.
  3. Mengangkat kedua tangan saat berisyarat kepada Hajar Aswad, seperti ketika takbiratul ihram dalam sholat.
  4. Memulai putaran thawaf sebelum rukun Hajar Aswad.
  5. Melakukan sholat tahiyyatul masjid sebelum thawaf.
  6. Hanya mengelilingi bangunan Ka'bah yang bersegi empat saja dan tidak mengelilingi Hijr.
  7. Melakukan jalan cepat (raml) pada seluruh putaran thawaf, padahal itu hanya dilakukan pada 3 putaran pertama dan itu pun khusus pada thawaf qudum saja.
  8. Berdesak-desakan mencium Hajar Aswad, yang terkadang sampai mendzalimi jama'ah haji lainnya.
  9. Mengusap -usap Hajar Aswad dalam rangka tabarruk (mengais berkah) dan berkeyakinan bahwa yang demikian itu dapat mendatangkan manfaat dan menolak bala.
  10. Mencium dan mengusap-usap sebagian sudut Ka'bah atau keseluruhannya. Bahkan terkadang ada yang menarik-narik kiswah (kain penutup Ka'bah) untuk menyobeknya guna dijadikan jimat.
  11. Khusus membaca do'a/dzikir khusus pada setiap putaran thawaf, karena yang demikian itu tidak ada tuntunannya dari baginda Rosul SAW.
  12. Berthawaf dalam keadaan bersedekap.
  13. Keyakinan bahwasanya barangsiapa mampunmenggapai dinding atas dari pintu Ka'bah, maka dia telah berhasil memegang Al-'Urwatul Wutsqa, yaitu ; Lailaha illalloh.
  14. Berdesak-desakan untuk sholat (persis) di belakang maqam Ibrahim, karena dapat menggangu jama'ah lainnya yang sedang melakukan thawaf. Padahal diperbolehkan baginya untuk melakukannya walaupun agak jauh di belakang maqam Ibrahim.
  15. Lebih parah lagi bila sholat setelah thawaf tersebut dilakukan lebih dari 2 rakaat.
  16. Berdiri dan berdo'a bersama seusai thawaf dengan satu komando. Lebih tragis lagi manakala do'a itu dibaca dengan suara yang amat keras dan mengganggu kekhusyukan ibadah jama'ah haji lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar